Entri yang Diunggulkan

Selamat Datang di Hasan Basri Al Markazy

Selama Datang di Hasan Basri Al Markazy kami ucapkan selamat datang dan selamat bergabung di Blog kami ini, perkenalkan nama saya ada...

Rabu, 30 Desember 2020

Materi Kuliah ke- 13-14 DAFTAR ISI OTOMATIS DI MS. WORD

Materi Kuliah ke- 13-14

DAFTAR ISI OTOMATIS DI MS. WORD

Institut Agama Islam Cipasung

ICT TINGKAT 1

Materi ini akan membahas tentang cara membuat daftar isi otomatis di ms. Word.

Daftar isi merupakan salah satu komponen penting dalam sebuah dokumen atau file, makalah, Skripsi dan karya ilmiah lainnya. Gunanya adalah untuk memudahkan pembaca mengetahui apa saja informasi dalam dokumen tersebut.

Dalam sebuah buku, makalah, Skripsi dan karya ilmiah lainnya daftar isi adalah salah satu komponen yang wajib ada. Oleh karena itu, semua mahasiwa ketika membuat karya ilmiah harus mencantumkan daftar isi dalam naskah teksnya.

Apa saja manfaat daftar isi pada sebuah buku?

Pertama, informasi awal tentang apa saja yang akan dibahas pada buku tersebut. Memang beberapa buku menuliskan sinopsisnya di bagian belakang buku untuk memberi tahu pembaca tentang garis besar topik-topik yang akan dibicarakan pada buku tersebut. Daftar isi berisi informasi tentang topik-topik bahasan pada buku secara lebih rinci yang meliputi bab dan subbab.

Kedua, mempermudah pembaca menemukan informasi dalam buku. Isi buku dikelompokkan berdasarkan bab dan subbabnya. Untuk mempermudah pembaca menemukan bab pembahasan yang dicari, maka diperlukan adanya daftar isi.

Karena pada daftar isi terdapat informasi halaman atau alamat dimana bab itu berada. Oleh sebab itu dengan adanya daftar isi pembaca juga dimudahkan untuk mencari halaman pada buku tersebut.

Ada banyak cara untuk membuat daftar isi dengan menggunakan aplikasi office di komputer. Ini bisa dibuat dengan cara manual, semimanual, dan otomatis.

Cara Membuat Daftar Isi Otomatis di Ms Word

Pada materi ini akan kita bahas bagaimana cara membuat daftar isi yang otomatis dengan aplikasi office di komputer. Dalam hal ini kita akan menggunakan Microsoft Word.

 

1.      Langkah awal, membuat strukturnya terlebih dahulu, BAB dan Sub-BAB yang akan dimasukan ke dalam daftar isi, dan diberi halaman.

2.      Selanjutnya kita buat dulu bab atau subbab apa saja yang akan tertera pada daftar isi. Contohnya adalah sebagai berikut

  • KATA PENGANTAR
  • DAFTAR ISI
  • BAB I PENDAHULUAN
  • BAB II MATERI
  • BAB III PENUTUP
  • DAFTAR PUSTAKA

Bab-bab di atas ditulis di halaman yang berbeda-beda.


3.      Setelah strukturnya sudah selesai dan materinya sudah dibuat, selanjutnya inputkan semua Bab dan Sub-bab yang akan dimunculkan di daftar isi sesuai dengan tingkatan levelnya,

Level 1 = BAB/Pokok

Level 2 = Sub-Bab/Bagian

Level 3 = Sub Sub-Bab/Bagian dari bagian

 

Caranya pilih references – add text – level -









Contoh input Bab level 1

 









Contoh input sub-Bab level 2

4.      Bila semua sudah diinputkan dan selesai, maka langkah selanjutnya adalah memunculkan daftar isinya, dengan cara simpan kursor di halaman daftar isi lalu pilih menu References, kemudian pilih Table of Contents. Kemudian pilih tipe Automatic Table 1.

Setelah itu, pada layar akan muncul seperti gambar di bawah ini




 






Kemudian klik Automatic Table 1













Maka akan muncul daftar isi otomatis yang telah ada teks, garis titik-titik, dan halamannya.

 

Bila halaman atau teks daftar isi ada perubahan atau penambahan atau perubahan halaman daftar isi, daftar isi otomatis tingaal diklik Update table, kemudian pilih Update entre table

 



 





 

Selanjutnya, jika nanti ada perubahan halaman atau perubahan judul, Anda tinggal meng-update table seperti pada langkah keempat. Nantinya akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini. Pilih Update Page Numbers Only jika tidak ada perubahan pada nama judul dan pilih Update Entire Table jika terdapat perubahan nama judul atau penambahan judul.

UNTUK MATERI LEBIH JELASNYA BISA LIHAT DI VIDEO INI

jangan lupa bantu Subcribe, Like, dan komen ya
 mudah-mudahan bermanfaat


Teknik pembuatan daftar isi secara otomatis ini akan sangat memudahkan Anda ketika membuat dokumen dalam ukuran besar seperti naskah buku, naskah skripsi, makalah, dan lain-lain. Dalam praktiknya, Anda juga bisa menggunakan cara tersebut pada Ms. Word 2007 atau 2013.

Materi ini harus langsung dipraktekan menggunakan komputer/leptop/notebook. 

Terima Kasih telah mempelajari materi ICT

Semoga Bermanfaat, bagi mahasiswa yang masih bingung atau masih kurang mengerti bisa langsung tanyakan kepada bapak melalau telpon/WA. (082321932005)



1 komentar: