KISI-KISI UAS B ARAB 2025 TK 2 MHU
Tk/Smt : 2 / 3
Dosen : HASAN BASRI, S.Pd.I, M.Pd.
KISI-KISI UAS BAHASA ARAB 2025
KISI-KISI
1.
Pelajari materi Tentang
perbedaan antara jumlah ismiyyah dan jumlah fi’liyyah dari segi struktur,
fungsi, dan makna. contoh kalimatnya.
2.
Pelajari materi Tentang
teks pendek berikut:
"الطَالِبُ يَقْرَأُ الكِتَابَ.
المُعَلِّمُ فِي الفَصْلِ. يَكْتُبُ التَلَامِيْذُ الدَرْسَ."
a.
mengIdentifikasi
jumlah ismiyyah dan jumlah fi’liyyah dalam teks tersebut.
b.
mengAnalisislah
fungsi setiap kata dalam kalimat tersebut (mubtada', khabar, fi'il, fa'il,
maf'ul bih, dll.).
3.
Pelajari materi Tentang
perubahan jumlah ismiyyah berikut menjadi jumlah fi’liyyah:
"السَّمَاءُ صَافِيّةٌ."
mengUbah pula jumlah fi’liyyah
berikut menjadi jumlah ismiyyah:
"ذَهَبَ الطَّالِبُ إِلَى المَكْتَبَةِ."
Dan menJelaskan perubahan struktur
memengaruhi makna kalimat.
4. Pelajari materi Tentang memBuat sebuah paragraf pendek dalam
bahasa Arab yang terdiri atas tiga kalimat: satu jumlah ismiyyah, satu jumlah
fi’liyyah, dan satu kalimat yang menggabungkan kedua jenis kalimat tersebut.
Setelah itu, menjelaskan bagaimana kedua jenis kalimat tersebut saling
melengkapi untuk menyampaikan informasi secara utuh.
5. Pelajari materi Tentang teks sastra Arab klasik dan modern, penggunaan jumlah
ismiyyah dan jumlah fi’liyyah memiliki efek tertentu terhadap gaya bahasa dan
penekanan makna.
dan menJelaskan pendapat mengenai
hal ini dengan memberikan satu contoh dari teks literatur Arab yang Anda
ketahui (bisa berupa kutipan Al-Qur’an, hadis, atau puisi Arab).
6.
Pelajari materi Tentang
teks di bawah ini
مَدرَسَتِي
مَدرَسَتِي كَبِيرَةٌ وَجَمِيلَةٌ. فِي مَدرَسَتِي صُفُوفٌ كَثِيرَةٌ وَنَظِيفَةٌ. نَدرُسُ فِي المَدرَسَةِ مَوَادَّ مُختَلِفَةً مِثلَ العَرَبِيَّةِ،
الإِنجِلِيزِيَّةِ، وَالرِّيَاضِيَّاتِ. فِي المَدرَسَةِ
أُسطُوَاذٌ وَأُسطُوَاذَاتٌ لُطَفَاءُ. أَحِبُّ
مَدرَسَتِي كَثِيرًا وَأَتَمَنَّى أَن أُصبِحَ طَالِبًا مُجتَهِدًا.
Terjemah ke dalam Bahasa Indonesia dan menentukan
mana saja kalimat jumlah ismiyah , dan jumlah filiyah.
SEMOGA SUKSES...!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar