Entri yang Diunggulkan

Selamat Datang di Hasan Basri Al Markazy

Selama Datang di Hasan Basri Al Markazy kami ucapkan selamat datang dan selamat bergabung di Blog kami ini, perkenalkan nama saya ada...

Minggu, 12 Januari 2025

KISI-KISI UAS B ARAB 2025 TK 2 MHU

      

KISI-KISI UAS B ARAB 2025 TK 2 MHU

Tk/Smt : 2 / 3

Dosen   : HASAN BASRI, S.Pd.I, M.Pd.

Universitas Islam KH. Ruhiat Cipasung (UNIK Cipasung)

Mata Kuliah  : B ARAB
Dosen            : Hasan Basri, S.Pd.I, M.Pd
Semester/Tingkat    : 3/2
Kode Dosen : 108

KISI-KISI UAS BAHASA ARAB 2025




KISI-KISI

1.      Pelajari materi Tentang perbedaan antara jumlah ismiyyah dan jumlah fi’liyyah dari segi struktur, fungsi, dan makna. contoh kalimatnya.

 

2.      Pelajari materi Tentang teks pendek berikut:
"الطَالِبُ يَقْرَأُ الكِتَابَ. المُعَلِّمُ فِي الفَصْلِ. يَكْتُبُ التَلَامِيْذُ الدَرْسَ."

a.      mengIdentifikasi jumlah ismiyyah dan jumlah fi’liyyah dalam teks tersebut.

b.      mengAnalisislah fungsi setiap kata dalam kalimat tersebut (mubtada', khabar, fi'il, fa'il, maf'ul bih, dll.).

 

3.      Pelajari materi Tentang perubahan jumlah ismiyyah berikut menjadi jumlah fi’liyyah:

"السَّمَاءُ صَافِيّةٌ."

mengUbah pula jumlah fi’liyyah berikut menjadi jumlah ismiyyah:

"ذَهَبَ الطَّالِبُ إِلَى المَكْتَبَةِ."

Dan menJelaskan perubahan struktur memengaruhi makna kalimat.

 

4.      Pelajari materi Tentang memBuat sebuah paragraf pendek dalam bahasa Arab yang terdiri atas tiga kalimat: satu jumlah ismiyyah, satu jumlah fi’liyyah, dan satu kalimat yang menggabungkan kedua jenis kalimat tersebut. Setelah itu, menjelaskan bagaimana kedua jenis kalimat tersebut saling melengkapi untuk menyampaikan informasi secara utuh.

 

5.      Pelajari materi Tentang  teks sastra Arab klasik dan modern, penggunaan jumlah ismiyyah dan jumlah fi’liyyah memiliki efek tertentu terhadap gaya bahasa dan penekanan makna.

 

dan menJelaskan pendapat mengenai hal ini dengan memberikan satu contoh dari teks literatur Arab yang Anda ketahui (bisa berupa kutipan Al-Qur’an, hadis, atau puisi Arab).

6.      Pelajari materi Tentang  teks di bawah ini

مَدرَسَتِي
مَدرَسَتِي كَبِيرَةٌ وَجَمِيلَةٌ. فِي مَدرَسَتِي صُفُوفٌ كَثِيرَةٌ وَنَظِيفَةٌ. نَدرُسُ فِي المَدرَسَةِ مَوَادَّ مُختَلِفَةً مِثلَ العَرَبِيَّةِ، الإِنجِلِيزِيَّةِ، وَالرِّيَاضِيَّاتِ. فِي المَدرَسَةِ أُسطُوَاذٌ وَأُسطُوَاذَاتٌ لُطَفَاءُ. أَحِبُّ مَدرَسَتِي كَثِيرًا وَأَتَمَنَّى أَن أُصبِحَ طَالِبًا مُجتَهِدًا.

Terjemah ke dalam Bahasa Indonesia dan menentukan mana saja kalimat jumlah ismiyah , dan jumlah filiyah.

SEMOGA SUKSES...!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar